Mengatasi Spam Email di Queue Zimbra

Mengatasi Spam Email di Queue Zimbra

Pagi ini sebenarnya saya sedang izin tidak masuk ke kantor, ternyata ada masalah pada mail server zimbra di kantor. Banyak email yang menggantung di queue mail. Alhasil proses email jadi lambat dan semua client hanya bisa sending tetapi tidak bisa menerima email. Berhubung saya tidak ada dikantor dan saya single fighter pegang datacenter di kantor, saya memutuskan untuk meremote dari rumah. Berikut langkah yang saya kerjakan untuk pengecekan.

1. Cek status service zimbra

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
# su - zimbra
$zmcontrol status
Host zimbra.megacentralfinance.com
antispam            Running
antivirus           Running
ldap                Running
logger              Running
mailbox             Running
mta                 Running
snmp                Running
stats               Running
zmconfigd           Running

2. Kecilkan score spam. bisa di cek di artikel disini cara merubah score, karena saya melihat banyak sekali email spam yang masuk ke queue.

3. Ubah Lifetime queue menjadi 1 hari, agar proses pengiriman email yang bermasalah dengan server tujuan tidak terlalu menumpuk di queue server.

1
2
#su - zimbra
$postconf -e maximal_queue_lifetime=1d

Alhamdulillah sekarang proses di queue mail jauh lebih baik.

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *