Problem
Kirim Email Ke Sesama Domain Di Tandai Spam, Karena reputasi ip publik si pengirim memiliki status Bad. biasanya zimbra akan menandakan email sebagai spam walapun email dikirim sesama domain dan menggunakan webmail. cara pengecekkan ip publik dengan membuka original mail pada webmail.
Pada original mail ada didalam baris seperti berikut:
X-Spam-Flag: YES X-Spam-Score: 7.715 X-Spam-Level: ******* X-Spam-Status: Yes, score=7.715 tagged_above=-10 required=6.6 tests=[BAYES_00=-1.9, RCVD_IN_PBL=3.335, RCVD_IN_RP_RNBL=1.31, RDNS_NONE=0.793, TVD_PH_BODY_ACCOUNTS_PRE=2.393, TVD_PH_REC=1.784] autolearn=no autolearn_force=no X-Originating-IP: [112.215.235.254] X-Mailer: Zimbra 8.6.0_GA_1153 (ZimbraWebClient - FF36 (Win)/8.6.0_GA_1153)
Open link disini kemudian masukkan X-Originating-IP 112.215.235.254
Bila statusnya Bad kemungkinan IP tersebut sudah di blacklist diberbagai DNSBL atau antispam luar.
Solusi
Untuk memperbaiki ini, kita bisa mematikan X-Originating-IP header dengan cara login ke Admin Console:
Administrative Console -> Config -> Global Setting -> MTA -> Messages -> uncheck Add X-Originating-IP to messages.
Selamat mencoba..