Melacak Email Terkirim atau Diterima di Zimbra
Melacak Email Terkirim atau Diterima di Zimbra berguna untuk mencari status email apakah terkirim, diterima, Bounced, atau deffered. Sebagai seorang email admin harus mengetahui status email apabila ditanyakan oleh user. Ketika email tersebut masih dalam antrian itu bisa di cek pada monitoring zimbra admin. Namun bagaimana email tersebut apabila sudah 1 hari yang lalu? . Pada zimbra sudah tersedia tools untuk melacak email bersumber pada zimbra.log yang disesuaikan yang akan dilacak sesuai sender (pengirim) atau receiver (penerima).
Melacak email berdasarkan pengirim (user: root)
/opt/zimbra/libexec/zmmsgtrace -s saad@saad.web.id
atau dengan multiple zimbra.log
/opt/zimbra/libexec/zmmsgtrace -s 'saad@saad.web.id' /var/log/zimbra*
Melacak email berdasarkan penerima (user: root)
/opt/zimbra/libexec/zmmsgtrace -r saad@gmail.com
atau dengan multiple zimbra.log
/opt/zimbra/libexec/zmmsgtrace -r 'saad@gmail.com' /var/log/zimbra*
atau hanya nama domain
/opt/zimbra/libexec/zmmsgtrace -r '@gmail.com'
dengan multiple zimbra.log
/opt/zimbra/libexec/zmmsgtrace -r '@gmail.com' /var/log/zimbra*
Selamat Mencoba..
Berikut layanan yang ada di saadwebid terkait zimbra
Layanan Jasa Maintenance Zimbra
Layanan Jasa Migrasi Zimbra Mail Server
VPS/Cloud Zimbra
SSL Zimbra Mail Server
SMTP Relay
Layanan Antivirus, Antispam dan Antimalware