LDAP Zimbra dengan IP Public dan IP Local
LDAP Zimbra dengan IP Public dan IP Local, ini biasanya bila zimbra menggunakan 2 ethernet, 1 ethernet di set ip public dan 1 lagi di set ip local. Biasanya ip lokal ini menggunakan DNS Local seperti Bind dan tanpa install Zimbra DNSCache. Nanti ketika di lookup ke hostname zimbra. maka yang muncul adalah ip local. Dan untuk IP Public digunakan agar ketika di akses melalui network eksternal.
Permasalah yang terjadi apabila LDAP Zimbra yang sudah di set menggunakan IP Local, hanya bisa di akses menggunakan ip local dan tidak bisa di akses melalui ip public. Untuk port ldap sendiri menggunakan port 389.
Cara mengetahui status port 389
Berikut ini ada 2 IP Address:
IP Public: 111.222.333.444
IP Local: 192.168.0.5
Cara mengetahui status port 389 dengan perintah berikut:
Untuk IP Public, di tes menggunakan server di network eksternal:
telnet 111.222.333.444 389
Untuk IP Local, di tes langsung di server zimbra sendiri
telnet 192.168.0.5 389
Apabila Salah satu status port 389. Refused ketika di telnet. Berikut solusinya
Solusi
1. Pastikan port 389 tidak tertutup oleh firewalld atau iptables
2. Periksa ldap_bind_url menggunakan perintah berikut
su - zimbra zmlocalconfig -s | grep ldap_bind_url
Bila hasilnya seperti berikut
[zimbra@mail ~]$ zmlocalconfig -s | grep ldap_bind_url ldap_bind_url =
3. Atur ldap_bind_url
su - zimbra zmlocalconfig -e ldap_bind_url="ldap://192.168.0.5:389 ldap://111.222.333.444:389"
4. Restart Zimbra
su - zimbra zmcontrol restart
5. Cek kembali menggunakan telnet dan langkah no 2.
RollBack
Untuk mengembalika ldap_bind_url seperti semula, bisa menggunakan perintah berikut
su - zimbra zmlocalconfig -e ldap_bind_url="" zmcontrol restart
Selamat Mencoba,,,,
Berikut layanan yang ada di saadwebid terkait zimbra
Layanan Jasa Maintenance Zimbra
Layanan Jasa Migrasi Zimbra Mail Server
VPS/Cloud Zimbra
SSL Zimbra Mail Server
SMTP Relay
Layanan Antivirus, Antispam dan Antimalware